Selasa, 05 Februari 2013

Manfaat Bahasa Arab


Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Allah berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kalian memahaminya” ( QS.Yusuf : 2)

Kenapa Allah menjadikan Al-Qur’an dalam bahasa Arab? Sesuai ayat diatas, “supaya kalian memahaminya”. Oleh karena itu tentunya bahasa arab memiliki keistimewaan dan manfaat.

Salah satu manfaat belajar bahasa arab adalah mencerdaskan otak.

Kenapa dapat mencerdaskan otak ?


Salah satu alasannya adalah karena dalam mempelajari bahasa arab, kita membutuhkan konsentrasi terhadap apa yang kita baca dan lihat. Hal ini tidak akan dirasakan apabila kita tidak bisa berbahasa arab. Bahasa arab biasanya tidak berharokat, lalu kita harus menganalisis kosakata, kedudukan dan harokat untuk bisa membacanya dengan benar. Berbeda dengan bahasa kita sehari-hari (bahasa Indonesia) yang menurut kita sudah baku dan mudah dipahami, bahasa Arab memiliki banyak makna dalam satu kata.

Ketika kita belajar nahwu shorof dan kitab gundul (tidak berharokat), kita harus menganalisi kosakata, kedudukan dan harokat. Apabila kita salah menganalis, maka makna dari kata tersebut akan berbeda.

Ibadah-ibadah baik shalat, do’a, membaca Qur’an serta banyak sekali syi’ar-syi’ar Islam akan terpenuhi dan sempurna dengan mempelajari bahasa Arab. Tentunya dengan menguasai bahasa Arab akan sangat bermanfaat untuk memahami apa yang kita baca ketika berdo’a, shalat, dan membaca Al-Qur’an.

Selain itu, dengan menguasai bahasa Arab akan membantu kita melakukan ekspansi bisnis karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam – salah satu agama-agama besar dunia (kita membicarakan tentang lebih dari 1 miliar orang!).


Jika Anda memiliki buku atau dokumen yang harus diterjemahkan, dan membutuhkan Jasa Penerjemah Bahasa Arab, kami siap membantu Anda dengan pelayanan terbaik dan harga bersahabat. Silakan Hubungi Kami untuk info lebih lengkap.

0 komentar:

Posting Komentar