Senin, 04 Februari 2013

Keistimewaan Bahasa Arab


Bahasa Arab mempunyai ciri-ciri  kekhususan yang tidak terdapat pada bahasa-bahasa lainnya. Kemudian dari kekhususannya ini menjadikan bahasa Arab sebuah bahasa yang fleksibel, mempunyai elastisitas yang tinggi, maka dalam  menjalankan dan mempertahankan fungsinya sebagai bahasa komunikasi, sarana dalam penyampaian tujuan agama, pencatatan berbagai ilmu pengetahuan, telah mampu disampaikan dengan mudah dan benar.

Diantara keistimewaan bahasa arab adalah adanya i’rab, dapat dikatakan bahwa i’rab adalah ciri khas dari bahasa arab. I’rab adalah perubahan bunyi akhir suatu kata dalam kalimat yang disebabkan oleh perbedaan ‘amil yang menyertainya, baik ‘amil yang disebut itu jelas maupun diperkirakan. Perbedaaan ‘amil tersebut dapat mempengaruhi makna.

Selain i’rab keistimewaan bahasa arab adalah dengan hadirnya tashrif. Tashrif yaitu ilmu yang mempelajari ilmu bahasa dari segi perubahan sighat atau bentuk kata, seperti kata

ضرب – يضرب – ضربا dan ini mempengaruhi arti dan maknanya.

Huruf dalam bahasa arab disebut dengan huruf hijaiyah dan semuanya berjumlah 29 ada juga yang mengatakan jumlahnya 30. Tiap-tiap huruf tersebut mengandung nilai-nilai philosopy yang tinggi. Sebagaimana umat Islam ketahui bahwa seluruh kandungan al-Quran itu terhimpun dalam surat al-Fatihah dan kandungan surat al-Fatihah itu terhimpun dalam basmalah dan basmalah itu sendiri terhimpun dalam satu huruf ba.

Keistimewaan bahasa arab yang lain adalah pada tiap huruf dalam bahasa Arab itu mempunyai simbol, tanda, dan arti tersendiri. Contohnya adalah huruf ha’, di mana ia mengandung arti yang berkonotasi kepada sesuatu yang tajam dan panas, seperti Al-Hummaa (penyakit panas, demam), Al-Haraara (panas), Al-Hurr (yang bebas dan merdeka), Al-Hubb (kecintaan), Al-Hariiq (kebakaran), Al-Hiqd (kedengkian), Al-Hamiim (teman akrab), Al-Hamzhal (buah parai), Al-Hirriif (yang pedas), Al-Haraam (yang dilarang), Al-Hariir (kain sutera), Al-Hanaan (kasih sayang), Al-Haadd (yang tajam), Al-Haqq (kebenaran) dan lain-lain.

Itulah beberapa keistimewaan bahasa arab, dan masih banyak lagi keistimewaan dan rahasia-rahasia dibalik huruf, kata, kalimat, paragraf dalam bahasa Arab yang belum kita ketahui.

Semoga Allah menjadikan kita sebagai umat-Nya yang mencintai bahasa nabi-Nya yaitu Muhammad saw. Aamiin.

Penulis : Rachmat Agustian S.Hum (Sarjana Humaniora, Sarjana Sastra Arab, Ketua TIM Penerjemah Bahasa Arab)

Jika Anda memiliki partner bisnis yang berbahasa Arab, buku atau dokumen yang harus diterjemahkan, dan membutuhkan Jasa Penerjemah Bahasa Arab, kami siap membantu Anda dengan pelayanan terbaik dan harga bersahabat. Silakan berkunjung Hubungi Kami untuk info lebih lengkap.

0 komentar:

Posting Komentar